SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA.
JANGAN LUPA COMENT DAN SARANNYA AGAR LEBIH BAIK LAGI.
THAK'Z......

Home » , » Komponen Sistem Komputer

Komponen Sistem Komputer

Written By Agus cahyanto on Sabtu, 18 Mei 2013 | Sabtu, Mei 18, 2013

 Jika kita membahas tentang computer, berarti berbicara mengenai system computer karena kita tahu bahwa computer terdiri atas beberapa komponen yang saling berhubungan dan bersinergi. Hubungan antara komponen – komponen dalam system computer membentuk satu kesatuan sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal. Komponen system computer yang akan kita bahas pada uraian berikut terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Sedangkan, orang yang mengoperasikan system computer disebut perangkat insane (brainware) atau lebih sering disebut user.


1.Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras (Hardware), yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses masukan, proses pengolahan data, dan proses keluaran. Secara umum, perangkat keras computer dapat digambarkan seperti blok diagram dibawah ini.
a. Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan berfungsi memasukkan data untuk diproses menjadi informasi atau output. Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat masukan:

♠Mouse
Mouse Dual Button
Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari system operasi yang menggunakan tampilan grafis. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering disebut dengan istilah penunjuk (pointer), yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse di layar monitor.
Pointer pada layar disimbolkan dengan panah yang bergerak seiring dengan pergerakan mouse.
Berdasarkan jumlah tombolnya, mouse terdiri atas tiga jenis, yaitu dual button, three button dan scroll button.
♠Keyboard
Keyboard QWERTY
Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat masukan yang digunakkan untuk memasukan data dan perintah kedalam system computer. Karakteristik dan susunan keyboard hampir sama dengan mesin ketik manual.
Kebanyakan keyboard menggunakan susunan huruf qwerty. Keyboard memiliki beberapa tombol fungsi tambahan seperti Esc, F1, …, F12.
2. Central Processing Unit (CPU)
236320629_1358607170
Secara fisik, CPU berupa casing (kotak). CPU ada yang model tower (berdiri, memanjang ke atas) dan ada yang model baby (tidur, memanjang ke samping). Pada CPU inilah seluruh aktifitas computer dipusatkan.
Didalam CPU terdapat satu bagian terpenting yang sangat menentukan kinerja suatu computer. Bagian ini adalah microprocessor, yang biasa disebut sebagai otak computer
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Rencana Tanpa Tindakan Adalah MIMPI

My Post

Adsense Indonesia
 
Support : Agus Cahyanto | |
Copyright © 2013. A G U S C A H Y A N T O - All Rights Reserved
Template Created and Published by AGUS CAHYANTO
Proudly powered by Blogger